Assalamualaikum Pembaca sekalian
Dunia usaha dalam dunia yang modern ini sangatlah banyak . Dari Usaha yang yang bisa menghasilkan income ratusan juta , puluhan juta , jutaan , ratusan ribu hingga yang menghasilkan income negatif alias merugi :D hehe. Tapi tenang saja namanya juga usaha . 

Selain usaha yang dapat menghasilkan income usaha juga dapat dijadikan sarana untuk menyalurkan hobi. Misal ada orang yang hobinya berdagang la untuk menyalurkan hobinya maka berjualan , misal lagi ada orang yang hobinya berbicara maka usaha yang cocok adalah berdemo eh maksudnya jadi pembicara , marketing , sales eh marketing dan sales sama nding :v dan masih banyak lagi.  

Dunia usaha tidak mengenal siapa yang berusaha baik  itu mahasiswa , anak kos , orang sudah kerja ataupun orang yang belum bekerja (freelance) -_-. Dalam agama islam ada kata - kata Man Jadda Wajadda yang artinya siapa yang bersungguh – sungguh maka dia akan berhasil . Tapi tenang saja kata – kata ini tidak hanya diperuntukkan untuk kaum muslim saja , tapi orang – orang non muslim juga . Bill gates saja dia non muslim dia bersungguh – sungguh menekuni komputer dan sekarang lihat dia sekarang jadi apa? jadi bos besar Microsoft . Kita ambil contoh lagi seorang yang namanya Miftakhul Huda asal Magelang dia bersungguh – sungguh mengejar cintanya dia sampai rela mengorbankan waktu , biaya dan segalanya dan lihat hasilnya sekarang dia di tolak :v.

Dari tadi Usaha Usaha Usaha kalian tahu nggak ya apa itu usaha . Usaha adalah aktivitas atau pun kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh manusia dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Jadi Usaha itu tidak hanya tentang ekonomi ataupun material usaha juga mencangkup segala hal yang dilakukan oleh semua orang. Namun dalam postingan saya hari ini saya akan menjelaskan salah satu usaha dalam bidang ekonomi atau kata kerennya bisnis.

Dari pada kalian tambah bingung terhadap kata – kata diatas yang membosankan ataupun kalian mulai emosi terhadap postingan saya ini “intine opo sih iki” langsung saja saya akan membahas tentang Usaha Laundry syariah. Lalu apa sih keuntungan usaha laundry syariah dengan laundry yang biasa ?

Dibandingkan dengan usaha cuci mencuci pada umumnya, usaha Laundry Syariah memberikan pelayanan yang lebih baik terutama untuk umat islam. Pelayanan tersebut difokuskan pada kesucian cucian bukan sekedar kebersihan, kerapihan dan juga wanginya saja. Jadi SUCI adalah pembeda dari usaha yang mulai ikutan memberi warna ditengah banyaknya bisnis yang ada di masyarakat kita. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaku bisnis terutama bagi pebisnis muslim karena disamping untuk keuntungan duniawi disana juga bisa menjadi lahan dakwah bagi masyarakat muslim sehingga keuntungan akhirat atau pahala pun didapat.

Lalu kenapa saya ambil usaha laundry syariah? Dalam ajaran agama islam kebersihan adalah salah satu syarat sahnya ibadah yang diterima oleh Allah SWT , Suci badan , suci pakaian serta suci terhadap tempat.  Oleh karena itu kebersihan pakaian adalah dasar yang mendasari saya tentang Usaha Laundry Syariah.

Selanjutnya kita bahas hal yang paling penting dalam hal Usaha yaitu modal
Modal Investasi Awal
a. Mesin cuci 2 buah
@ Rp 2.000.000,00                                         Rp 4.000.000,00
b. Mesin Pengering                                         Rp 1.500.000,00
c. Setrika 5 unit @ Rp 100.000,00                  Rp 500.000,00
d. Timbangan Digital                                       Rp 250.000,00
e. Renovasi Ruangan                                       Rp 1.000.000,00
f. Meja Dan Kursi                                            Rp 300.000,00
. TOTAL                                                          Rp 7.550.000,00
Biaya Oprasional Bulanan
a. Listrik                                                          Rp 300.000,00
b. Penyetrika Per Kilo
Rp 1.000,00 x 1.350 Kg                                 Rp 1.350.000,00
c. Detergen dan Pewangi                                Rp 700.000,00
d. Karyawan                                                   Rp 750.000,00
e. Lain-Lain                                                    Rp 150.000,00
TOTAL                                                           RP 3.250.000,00
 Asumsi Pendapatan per Bulan
a. Pendapatan = Asumsi Orderan 40 kg / hari
@ Rp 5.000,00
= 40 Kg / hari x Rp 5.000,00 x 30 Hari
=                                                                      Rp 6.000.000,00
b. Keuntungan = Pendapatan – Biaya Oprasional Bulanan
= Rp 6.000.000,00 – Rp 3.250.000,00
=                                                                      Rp 2.750.000,00
Jadi apabila kita ingin minimal balik modal  Usaha  ini kita tekuni mungkin sekitar 3 Bulan cepat bukan?
Nah untuk sekarang saya kasih tips and triks untuk menjadikan usaha laundry syariah ini berhasil:
  1. Kemauan yang keras
  2. Pemilihan lokasi yang strategis
  3. Pelayanan yang cepat dan ramah
  4. Harga terjangkau
  5. Pemasaran
  6. Dan terpenting doa

Usaha loundry ini juga bisa dikolaborasikan dengan Teknologi jaman now. Semisal android kita berikan aplikasi pengingat (reminder) apabila loundryan customer telah selesai. Selain pengingat kita bisa jadikan sarana iklan dengan semakin maraknya penggunaan media sosial seperti facebook , twitter , whatsapp , instagram dan masih banyak lagi. Ingat gunakanlah media sosial dengan bijak.
 


Sekian tentang Usaha Laundry Syariah . Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.
Salam Cool dari saya

Wassalamualikum 

Komentar

Postingan populer dari blog ini